Minggu, 12 Juli 2015

Tips dan Cara Merawat Telinga yang Benar

Telinga merupakan salah satu dari kelima panca indera manusia yang membutuhkan  perawatan intensif. Mengapa? Karena telinga merupakan salah satu organ tubuh manusia yang bisa dikatakan cukup penting, karena dengan melalui telinga  kita dapat mendengar sesuatu, bisa anda bayangkan jika anda tidak bisa mendengar karena  telinga anda tidak berfungsi dengan sebagaimana mestinya.

Anda juga harus bersyukur karena tidak terlahir sebagai tuna rungu , yaitu cacad pada pendengaran. Oleh karena itu rawatlah  telinga anda dengan baik, karena  fisik telinga yang menjorok ke bagian dalam tubuh manusia sangat membutuhkan  kehati-hatian dalam  merawat.Jika telinga anda berfungsi dengan baik, maka perawatan yang sembarangan justru akan melukai bagian dalam telinga. Disini penulis akan mencoba membahas  tentang bagaimana cara merawat telinga dengan  baik. Stay tuned, ya!

Tips dan Cara Merawat Telinga yang Benar


Bagaimana Cara Merawat Telinga dengan  Baik

1. Jangan Mengorek Telinga

Membersihkan telinga mungkin bisa dikatakan sebagai aktivitas yang mengasyikkan apalagi dengan mengorek bagian  indera pendengar ini. tahukah anda bahwa mengorek telinga ketika  membersihkan justru akan menimbulkan  resiko telinga anda akan terluka. seperti robeknya gendang telinga, hal ini akan berdampak buruk bagi anda karena mengurangi kemampuan pendengaran anda. Dan  gendang telinga cenderung sedikit mengkilat.

2. Bersihkan Bagian Luar Saja

Sedikit aneh ya mendengar poin cara merawat telinga yang satu ini? Untuk para pembaca ternyata  telinga memiliki kemampuan alami untuk mendorong kotorannya ke bagian luar telinga. Sehingga anda dianjurkan untuk membersihkan telinga bagian luar yaitu daun telinga dan rongga telinga bagian luar saja. Hal ini sangat tidak masuk akal karena membersihkan kotoran hingga ke bagian dalam justru akan membuat kotoran telinga tersebut masuk lagi.

3. Check Up Rutin Dengan Ahli Atau Perawatan Pribadi

Cara merawat telinga yang sangat disarankan oleh penulis yaitu sering  mengunjungi dokter THT anda. Dokter spesialis ini tentu memiliki berbagai alat yang lebih efektif dan aman untuk membantu perawatan telinga anda. Sehingga anda jangan  merasa khawatir jika perawatan yang anda lakukan berdampak negatif untuk pendengaran anda.

Untuk anda yang tidak menginginkan perawatan  dengan dokter THT, anda bisa merawat telinga dengan baik. Tips merawat telinga pribadi  anda bisa melakukan perawatan  dengan membasuhkan telinga anda ketika anda mandi. Bersihkan daun telinga dengan menggunakan air lalu keringkan dengan handuk yang bertekstur halus agar tidak melukai kulit telinga anda. Selain itu, anda bisa menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan baby oil, kemudian  bersihkan seluruh bagian luar telinga anda termasuk rongga luar telinga. Perawatan ini hendak dilakukan maksimal sekali saja dalam seminggu.

4. Perawatan Tidak Berlebihan

cara merawat telinga anda tidak perlu berlebihan cukup dengan memastikan telinga anda benar-benar bersih. Mengapa demikian ? Karena telinga memproduksi serumen khusus yang efektif untuk menyaring berbagai kotoran yang masuk ke telinga dan melumasi gendang telinga. Selain itu serumen telinga  akan melindungi anda dari kemungkinan serangga yang masuk ke telinga juga debu yang sangat familiar dengan kehidupan anda. cara perawatan telinga yang dianjurkan yaitu dengan membersihkan telinga sewajarnya saja, anda cukup membersihkan rongga bagian luar dan  daun telinga saja.

Anda tentu  tidak menginginkan penampilan anda menjadi tidak maksimal karena telinga anda yang kotor khususnya bagi pembaca yang sering berinteraksi dengan banyak orang di dalam aktivitasnya. Namun, perlu anda perhatikan agar indera pendengaran anda berfungsi baik tapi tetap bersih dan sehat, tips  di atas perlu anda pertimbangkan kembali , untuk meningkatkan dan mempertahankan performa telinga anda, sebaiknya anda mengurangi penggunaan headset dan sejenisnya karena sebaik apapun kualitas teknologi tersebut  akan mempengaruhi kinerja gendang telinga anda. Nah, kami berharap artikel tentang cara merawat telinga ini membantu anda ya,. Be healthy, be happy!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips dan Cara Merawat Telinga yang Benar

7 komentar:

  1. Oohh ternyata berbahaya juga yaa merongek telinga,soalnya saya sering seperti itu. Oke,saya tidak akan mengulangi lagi hal-hal buruk tersebut. Terima kasih yaa gan udah berbagi infromasi yang penting... Sukses Blog nya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama.. terima kasih sudah berkunjung..

      Hapus
  2. ow, jadi bersihin telinga tidak usah ke bagian yang dalam ya,
    manfaat banget nih.

    BalasHapus
  3. mantab gan tambah lagi referensi saya

    BalasHapus
  4. waaah mantaaf gan artikelnya..... thanks udah mau share...

    BalasHapus

1. Isi komentar yang menyertakan link aktif, alamat blog, & minta kunjungan balik tidak akan muncul.
2. Sebelum bertanya, Cari Dulu di Kotak Pencarian!
3. "Komentar modus" JUALAN OBAT atau promo produk lainnya tidak akan muncul.
4. Tidak Semua Pertanyaan Bisa IDS Jawab.